Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Kepanjangan dari Wifi (Wi-Fi)?

Apa kepanjangan dari Wifi? Apa itu Wifi? Apa yang dimaksud dengan Wifi?

Kepanjangan Wifi

Orang-orang mengira kalau kepanjangan dari Wifi adalah "Wireless Fidelity". Namun kenyataannya tidak seperti itu.
Berdasarkan artikel yang dipublikasikan di Wikipedia, istilah Wi-Fi, pertama kali dipakai secara komersial pada bulan Agustus 1999 dan dicetuskan oleh sebuah firma konsultasi merek bernama Interbrand Corporation. Wi-Fi Alliance mempekerjakan Interbrand untuk menentukan nama yang "lebih mudah diucapkan daripada 'IEEE 802.11b Direct Sequence'". Belanger juga mengatakan bahwa Interbrand menciptakan Wi-Fi sebagai plesetan dari Hi-Fi (high fidelity); mereka juga merancang logo Wi-Fi.

Lalu kenapa orang-orang mengira kalau wifi adalah kepanjangan dari wireless fidelity?

Wi-Fi Alliance membuat slogan iklan secara asal-asalan "The Standard for Wireless Fidelity" dan sempat menggunakannya sesaat setelah merek Wi-Fi diciptakan. Karena itulah orang-orang salah mengira bahwa Wi-Fi merupakan singkatan dari "Wireless Fidelity".

Apa itu Wi-Fi?

Wi-Fi adalah teknologi yang memanfaatkan alat elektronik untuk bertukar data dengan tanpa kabel (menggunakan gelombang radio) melalui sebuah jaringan komputer, termasuk koneksi Internet dengan kecepatan yang tinggi.

Demikianlah penjelasan tentang Wifi. Sekarang kamu sudah tahu kalau Wi-Fi tidak mempunyai kepanjangan. Dan wireless fidelity bukanlah kepanjangan dari wifi. Wi-Fi diucapkan "wai-fai" sedangkan "fidelity" diucapkan "fideliti" bukan "faideliti".

Referensi
Kontributor Wikipedia, "Wi-Fi," Wikipedia, Ensiklopedia Bebas, https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Wi-Fi&oldid=13493250 (diakses pada 8 Januari 2018).

 Kunjungi: