Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Kepanjangan dari NICA?

Apa kepanjangan dari NICA? Apa itu NICA? Apa yang dimaksud dengan NICA?

Kepanjangan NICA

Kepanjangan dari NICA adalah:Nederlandsch Indië Civil Administratie atau Netherlands-Indies Civil Administration. Artinya adalah Pemerintahan Sipil Hindia Belanda.

Penjelasan Tentang NICA

  • NICA merupakan organisasi semi militer yang dibentuk pada 3 April 1944 yang bertugas mengembalikan pemerintahan sipil dan hukum pemerintah kolonial Hindia Belanda selepas kapitulasi pasukan pendudukan Jepang di wilayah Hindia Belanda (sekarang Indonesia) seusai Perang Dunia II (1939 - 1945).
  • Maksudnya adalah, dulu Indonesia dijajah Belanda, kemudian Belanda kalah dengan Jepang di Indonesia. Kemudian Indonesia dijajah jepang, tetapi akhirnya Indonesia merdeka pada 17 Agustus 1945. Setelah Perang Dunia II berakhir, Belanda ingin menguasai Indonesia lagi dan untuk itu dibentuklah NICA. Padahal Indonesia sudah merdeka dan punya pemerintahannya sendiri, tentu saja Indonesia berjuang mempertahankan kemerdekaannya dan melawan NICA yang ingin menjajah Indonesia.

Itulah kepanjangan NICA dan penjelasannya. Sekarang kamu sudah tahu apa kepanjangan dari NICA dan apa yang dimaksud dengan NICA.

Kunjungi: