Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Kepanjangan dari BPUPKI?

Apa Kepanjangan dari BPUPKI? Apa itu BPUPKI? Apa yang dimaksud dengan BPUPKI?
Kepanjangan dari BPUPKI adalah: Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia.

Penjelasan Tentang BPUPKI

  • Dalam bahasa Jepang BPUPKI disebut dengan 独立準備調査会 (Dokuritsu Junbii Chōsakai).
  • BPUPKI adalah sebuah badan yang dibentuk oleh pemerintah pendudukan balatentara Jepang pada tanggal 1 Maret 1945 bertepatan dengan hari ulang tahun Kaisar Hirohito. Badan ini dibentuk sebagai upaya mendapatkan dukungan dari bangsa Indonesia dengan menjanjikan bahwa Jepang akan membantu proses kemerdekaan Indonesia.
  • BPUPKI mempunyai anggota 62 orang dan diketuai oleh Dr. Kanjeng Raden Tumenggung (K.R.T.) Radjiman Wedyodiningrat dengan wakil ketua Ichibangase Yosio (orang Jepang) dan Raden Pandji Soeroso.
  • Di luar anggota BPUPKI, dibentuk juga sebuah Badan Tata Usaha (semacam sekretariat) dengan anggota 60 orang dan dipimpin oleh Raden Pandji Soeroso dengan wakil Mr. Abdoel Gafar Pringgodigdo dan Masuda Toyohiko (orang Jepang).
  • Tugas BPUPKI adalah mempelajari dan menyelidiki hal-hal yang berkaitan dengan aspek-aspek politik, ekonomi, tata pemerintahan, dan hal-hal yang diperlukan dalam usaha pembentukan negara Indonesia merdeka.
Itulah kepanjangan dan penjelasan dari BPUPKI. Sekarang kamu sudah tahu apa kepanjangan dari BPUPKI dan apa yang dimaksud dengan BPUPKI.

 Kunjungi: