Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Kepanjangan dari Email?

Apa kepanjangan dari email? Apa itu email? Apa yang dimaksud dengan email?

Kepanjangan Email

Kepanjangan dari email adalah: electronic mail. yang berarti surat elektronik.

Penjelasan Tentang Email

  • Dalam bahasa Indonesia email juga disebut dengan surel yang merupakan akronim dari surat elektronik.
  • Email adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur jaringan komputer (misalnya Internet).
  • Kalau kita mengirim surat biasa lewat kantor pos, kita harus membayar per pengiriman dengan membeli perangko. Namun jika kita menggunakan email atau surat elektronik, kita hanya membayar untuk koneksi internetnya saja. kecuali kalau mengirim email ke handphone itu bisa saja dikenakan tarif per pengiriman.
  • Sekarang ini banyak perusahaan pos di berbagai negara yang penghasilannya menurun karena masyarakat sudah tidak menggunakan jasa pos lagi.
  • Ada dua cara untuk mengakses surat elektronik, yaitu:
  1. Menggunakan browser, seperti Mozilla Firefox. Cara ini disebut dengan web-based, artinya kita menggunakan media web sebagai perantara ke kotak surat elektronik. Contoh: Yahoo! Mail dan Gmail. Untuk menggunakannya kita perlu tersambung terus dengan internet.
  2. Menggunakan program pengakses surat elektronik (e-mail client), seperti: Eudora Mail, Outlook Express, Windows Mail, Mozilla Thunderbird, Mutt. Dengan menggunakan program seperti ini, seseorang harus mengetahui konfigurasi yang bisa didapat dari ISP. Kelebihannya adalah dapat membaca surat elektronik tanpa perlu terhubung secara terus-menerus dengan internet dan puluhan surat elektronik bisa diterima dan dikirimkan sekaligus.
  • Dalam menggunakan email kita perlu menggunakan etika sebagaimana menggunakan surat biasa. Email pun juga bisa berupa surat formal atau nonformal.

Itulah kepanjangan email dan penjelasan tentang email. Sekarang kamu sudah tahu apa kepanjangan dari email dan apa yang dimaksud dengan email.

Referensi

Kontributor Wikipedia, "Surat elektronik," Wikipedia, Ensiklopedia Bebas, https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Surat_elektronik&oldid=13342629
 (diakses pada 7 Januari 2018).

 Kunjungi: