Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Kepanjangan Dari KNIL?


Apa kepanjangan dari KNIL? Apa itu KNIL? Apa yang dimaksud dengan KNIL?

Kepanjangan KNIL

KNIL adalah singkatan dari bahasa Belanda. KNIL kepanjangan dari: het Koninklijke Nederlands(ch)-Indische Leger; artinya adalah: Tentara Kerajaan Hindia Belanda.

Penjelasan Tentang KNIL

  • Meskipun KNIL melayani pemerintahan Hindia Belanda, banyak di antara anggota-anggotanya yang adalah penduduk bumiputra di Hindia Belanda dan orang-orang Indo-Belanda, bukan orang-orang Belanda.
  • Dengan berdirinya negara Republik Indonesia dan TNI serta diakui kedaulatannya oleh Belanda pada tanggal 27 Desember 1949, maka pada tahun 1950 KNIL dibubarkan. Berdasarkan keputusan kerajaan tanggal 20 Juli 1950, pada 26 Juli 1950 pukul 00.00, setelah berumur sekitar 120 tahun, KNIL dinyatakan dibubarkan.
logo KNIL
Sumber gambar: wikimedia common

Itulah kepanjangan KNIL dan penjelasannya. Sekarang kamu sudah tahu apa kepanjangan dari KNIL dan apa yang dimaksud dengan KNIL.

Referensi
Kontributor Wikipedia, "Koninklijk Nederlandsch-Indische Leger," Wikipedia, Ensiklopedia Bebas, https://id.wikipedia.org/w/index.php?title=Koninklijk_Nederlandsch-Indische_Leger&oldid=13890923 (diakses pada 29 Juli 2018).

 Kunjungi: